Minggu, 25 November 2012

Ada Rumah yang Berdiri di Tengah Jalan Raya



Sebuah keputusan memiliki konsekuensi yang besar, seperti yang dilakukan Luo Baogen dan istrinya. Pasutri di China ini tinggal di dalam rumah yang berdiri di tengah jalan raya di Wenling, provinsi Zhejiang, China. Hal itu terjadi karena mereka menolak untuk direlokasi untuk pembangunan jalan raya tersebut.

Luo Baogen memutuskan tidak pindah seperti yang dilakukan semua tetangganya karena merasa ganti rugi yang diberikan pemerintah tidak layak. Alhasil kini rumah mereka jadi satu-satunya bangunan yang berdiri di tengah jalan raya. Kendaraan yang menggunakan jalan pun melewati gedung 5 lantai itu layaknya berputar di sebuah bundaran.

Untuk memastikan keselamatan pasangan itu, kamar yang berdekatan dengan mereka tetap dibiarkan utuh namun semua tetangga telah pindah. Kini Luo Baogen malah memiliki ide berbisnis untuk bertahan hidup sejauh yang mereka bisa. "Ini mungkin kesempatan emas bagi kami untuk membuka toko di lantai dasar," ucap Luo Baogen.

Gedung yang setengah hancur itu berdiri di tengah jalan raya antara desa Xiazhangyang menuju stasiun Wenling. Saat ini jalan tersebut belum dibuka secara resmi.

China di era komunis membuat semua properti warganya menjadi milik negara sehingga penduduk mudah dipindahkan. Namun di era modern warga sudah memiliki kekuatan hukum atas tanah tempat tinggalnya. Pemerintah kini tidak bisa memaksa mereka pergi tanpa ada kesepakatan hukum.

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/50b191140a75b4c13a00004a/ada-rumah-yang-berdiri-di-tengah-jalan-raya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar